Sunday 6 April 2014

Semenit Penuh Manfaat

Pembaca terkasih,

Cuma butuh waktu singkat untuk mendeteksi adakah sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Kelenturan tubuh adalah satu tanda tubuh yang fit. Maka, cobalah lengkungkan badan sembari meraih jari kaki dengan tangan. Jika tangan hanya bisa meraih pergelangan kaki, lakukan peregangan secara rutin.

Meski tanggal menstruasi kerap berubah, namun siklus yang normal rata-rata terjadi setiap 21 - 35 hari. Waspadalah bila “tamu bulanan” lebih sering datang atau malah lebih jarang.

Bila tahi lalat berjumlah lebih dari lima puluh tahi lalat, risiko kanker kulit ternyata lebih tinggi, lo. Nah, bentuk tahi lalat yang tidak simetris dan lebih besar daripada penghapus pensil juga harus diperiksa dokter untuk mencegah kemungkinan terjadinya kanker kulit.

Di pagi hari sebelum sarapan, berbaringlah dan perhatikan perut Anda. Bila tampak benjolan seperti sedang hamil, ini berarti kandungan lemak perut Anda terlalu banyak. Hal ini sekaligus meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dibandingkan menimbang berat badan, mengukur lingkar pinggang dianggap lebih efektif untuk mengecek peluang terkena penyakit jantung. Kaum Hawa patut waspada bila lingkar perutnya lebih dari 80 cm dan lebih dari 94 cm untuk Kaum Adam.

Anda kerap bersin meski cuaca tak dingin? Coba tarik kelopak mata bagian bawah hingga terbuka. Bila ada benjolan kecil di area tersebut, Anda mungkin memiliki alergi. Perhatikan pula iris mata atau selaput pelangi. Lingkaran putih di sekitar iris mata menandakan tingkat kolesterol jahat yang tinggi.

Jangan abaikan gusi merah dan bengkak yang kerap berdarah. Pasalnya, bakteri dari gusi yang terinfeksi ini bisa menyebar ke dalam aliran darah dan memengaruhi organ tubuh yang lain sehingga menimbulkan bahaya penyakit jantung dan stroke.

Kepalkan tangan Anda lalu buka dan tarik jari-jemarinya ke belakang. Bila telapak tangan dan garis tangan berubah warnanya menjadi pucat, ini adalah pertanda anemia. Oleh karena itu, segera cukupi kebutuhan zat besi Anda.

No comments: