Wednesday 9 April 2014

Deteksi Kanker Ovarium Melalui Tes Darah

Pembaca terkasih,

Kanker ovarium termasuk jenis penyakit mematikan yang masih sulit dideteksi. Namun kini telah ditemukan metode untuk mendeteksi penyakit tersebut, yakni dengan menggunakan kombinasi tes darah sederhana dan ultrasonik. Kanker ovarium merupakan pembunuh diam-diam para wanita di seluruh dunia, karena gejalanya yang sangat samar dan ketika diketahui, biasanya kanker sudah menyebar dan sulit disembuhkan.

Berbeda dengan jenis kanker lainnya, kanker ovarium tidak memiliki tes rutin yang perlu dijalani untuk mendeteksi gejala positifnya. Kebanyakan tes juga bisa dijalani oleh dokter saja dan sering terjadi kesalahan diagnosa. Namun dengan adanya penelitian ini, diharapkan menjadi titik harapan bagi para wanita yang memiliki resiko kanker ovarium. "Cara mendeteksi kanker ovarium dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dan memeriksa protein bernama CA-125 yang dihasilkan sel kanker. Kemudian tes ultrasonik membantu dokter untuk memantau ovarium pasien," menurutpeneliti Dr.Karen Lu dari M.D. Anderson Cancer Center.

Ia melanjutkan,  tes tersebut belum bisa dilakukan di rumah sakit sebab peneliti masihmelakukan uji klinis demi memastikan bahwa tes benar-benar ampuh mendeteksi adanya kanker ovarium pada wanita.

No comments: