Tuesday 25 March 2014

Shuffle Dance Fashionable Dance

Pembaca terkasih,

Mungkin namanya sudah tak asing lagi bagi kita. Sejak dipopulerkan oleh duo asal Amerika, LMFAO melalui single fenomenalnya Party rock Anthem Shuffel mewabah, terutama dikalangan remaja. Trend yang terjadi, seakan mengingatkan trend dreak dance era 80-an. Sebenanya apa dan bagaimana sih awal munculnya salah satu jenis street dance ini.

Shuffle dance, secara harfiah tarian ini diartikan menggunakan gerakan kocokan. Sebelumdipopulerkan LMFAO, kalau kita perhatikan tarian ini juga pernah ngetren saat dipopulerkan MC hammer, rapper tahun awal 90-an. Apakah tarian ini diciptakan olehnya? Ternyata bukan, tarian ini ternyata diciptakan oleh Paula Abdul, seorang koreografer berkebangsaan Australia pada tahun 1987. Bukan MC Hammer, adalah janet jackson yang pertama kali mempopulerkan jenis tarian simple ini dalam menjalani konser tour antara tahun 1987-1988.

Di Melbourne, trend shuffle berkembang pertama kali, tarian inimemiliki beberapa taknik, diantaranya terdiri dari langkah hop-pling atau geser dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan unntuk mensimulasikan seoang pelari. Sekilas tarian ini sangat simple dan konstan, dilakukan berulang-ulang. Namun setelah dicoba? Ternyata banyak yang berpendapat perlu latihan untuk menjaga ritme dan keluwesan yang jarang sekali muncul saat pertama kali kita meniru atau mengikuti.

Dalam shuffle dance juga dikenal beberapa jenis, diantaranya runningman,shuffle,glide spin,dipn and kick, dan extream spin, seperti namanya, runningman memiliki gerakan seperti orang berlari dengan kecepatan konstan tapi tetap ditempat. Shuffle adalah gerakan pengembangan dari running man, dengan menambah gerakan ke kiri, kanan, depan atau belakang dengan diakhiri hentakan kaki. Hlide spin and glide serta extream spin adalah gerakan yang memadukan antara shuffle dan running man.

Yan membuat spesial dari tarian ini adalah fashionable. Maka dari itu, tarian ini sangat provokatif dan mudah masuk dalam pergaulan anak muda. Selain membicarakan, saat ini muncul banyak komunitas shuffle dance di beberapa kota besar di Indonesia

No comments: