Thursday 27 March 2014

Sebuah SENYUM Ternyata Memiliki Fakta Luar Biasa

Pembaca terkasih,

Tersenyum nggak cuma bikin wajah kita jadi terlihat lebih cantik. Senyum juga memberi sederet dampak positif lainnya. Ini contohnya….

#Seberapa subur?
Senyuman yang sehat bisa menggambarkan kesehatan tubuh, khususnya kesuburan perempuan. Artinya, nih, jaga kesehatan mulut dan gigi lalu seringlah tersenyum.
    Jurnal Obstetrics and Gynecology mengungkapkan kalau perempuan dengan penyakit gusi rata-rata mengalami kehamilan dua bulan lebih lambat dibandingkan mereka yang bergigi sehat!

#Lebih makmur
Senyuman lebar di saat remaja ternyata bisa memprediksi seberapa sukses kita nantinya. Berdasarkan riset yang diumumkan di Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, seseorang yang masa remajanya sering tersenyum memiliki penghasilan 10% lebih banyak dibanding karyawan pada umumnya di usia 29 tahun. Beda dari mereka yang jarang senyum—gajinya lebih rendah 30% dibanding karyawan lain.

#Berkuasa!
Senyuman ternyata menentukan status sosial. Riset di Journal Personality and Social Phychology Bulletin menemukan fakta kalau orang yang berstatus sosial tinggi mudah tersenyum. Sebaliknya, orang yang status sosialnya lebih rendah hanya tersenyum sesuai suasana hati mereka.

#Pernikahan awet
Apa hubungannya pernikahan awet dan senyum? Penelitian yang diterbitkan di jurnal Motivation and Emotion menunjukkan kalau senyuman lebar di foto pernikahan ternyata turut berperan dalam keawetan rumah tangga. Berdasarkan riset mereka, para responden yang tersenyum bahagia saat menikah tidak ada yang bercerai, berbeda dari pasangan pengantin berwajah datar—25% di antara mereka akhirnya berpisah!
    Selain berdasarkan foto pernikahan, para ahli juga meneliti dari foto responden saat masih kanak-kanak. Hanya 11 % responden dengan foto masa kecil tersenyum lebar mengalami perceraian, sementara 31% di antara responden yang kurang tersenyum terbukti bercerai. Kesimpulan para ahli: senyuman mendukung kita untuk memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Naahhh,,,, mulai sekarang jangan ragu untuk tersenyum, apapun yang kita alami berusahalah untuk selalu tersenyum..hehe..

No comments: