Friday 28 March 2014

Sering Menderita Insomnia? Atasi Dengan Cara ini

Pembaca terkasih,

Merdeka.com - Idealnya, seseorang harus tidur sekitar 8 jam sehari. Namun ada banyak hal yang menyebabkan kenapa kebiasaan sehat tersebut tidak berjalan dengan baik. Mulai dari stres, kerja lembur, hingga pengaruh obat-obatan tertentu yang membuat Anda tidak bisa tidur dengan mudah di malam hari.

Lebih dari itu, kebiasaan ini mampu berubah menjadi insomnia yang tentu saja berakibat buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu atasi insomnia dengan cara ini seperti dilansir dari healthmeup.com.

Tidurlah setelah 3-4 jam waktu terakhir Anda mengonsumsi makanan berat. Sebab apabila kurang dari itu, makanan Anda masih dicerna sehingga mempengaruhi kualitas tidur Anda.
Cobalah mengonsumsi segelas susu hangat dan madu di malam hari. Susu mengandung tryptophan yang membuat serotonin atau zat kimia di dalam otak bekerja dengan aktif dan membuat Anda tidur nyenyak.
Oleskan minyak lavender di pelipis Anda sebelum tidur. Minyak lavender berfungsi sebagai tranquiliser ringan yang membuat Anda cepat tidur.
Anda juga dapat mandi dengan air hangat terlebih dahulu sebelum tidur. Air hangat akan membuat Anda rileks dan cepat mengantuk.
Hindari tidur di siang hari. Sebab terlalu lama tidur di siang hari juga akan membuat Anda susah tidur di malam hari.
Hindari melakukan olahraga 4 jam sebelum tidur. Sebab ketika kurang dari itu, tubuh Anda masih akan terasa 'aktif' dan akhirnya membuat Anda sulit tidur.
Hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur. Sebab kafein mampu meningkatkan hormon adrenalin di dalam tubuh yang akhirnya malah membuat Anda sulit untuk memejamkan mata.
Terakhir, cobalah untuk melakukan pijat. Pijatan akan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda merasa tenang. Anda pun jadi mudah mengantuk.
Jadi, cobalah tips di atas untuk menghindari insomnia di malam ini!



Sumber:http://m.merdeka.com/sehat/sering-menderita-insomnia-atasi-dengan-8-cara-mudah-ini.html

No comments: