Wednesday 26 March 2014

Ketika Gitar Ketempelan Gadget

Pembaca terkasih,

Bukan Hal baru lagi, gadget bisa menggantikan fungsi alat musik. Gitar ,suling, piano, bahkan drum bisa dimainkan hanya dengan jari-jari diatas layar sentuh salah satu perangkat modern untuk saat ini. Tapi apa sebatas itu? Tentu tidak, ternyata gadget tak cuman menjadi alat replika, tapi ternyata keberadaannya bisa menjadi pelengkap sebuah alat musik, salah satunya gitar.

Selain dapat men-tuning gitar, gadget juga dapat mengeluarkan bebunyian sama dengan suara gitar. Uniknya, seperti bermain gitar sungguhan, metode ini dilakukan dengan cara memetik dan menggesek senar virtual. Banyak pabrikan teknologi yang menyediakan aplikasi dengan standar multi gadget. Tapi satu yang bisa dikatakan paling bersinar adalah apple. Banyak testimoni yang mengatakan produk apple, memiliki standar kualitas suara yang bagus. Memungkinkan setiap orang berkreasi tanpa batas dengan produk yang ditemukan oleh alm. Steve jobs.

Nah, jika sebagian orang lebih memilih memainkan alat musik, baik sendiri sampai berkelompok, yang lain justru mulai memadukan alat musik dengan gadget. Slah satunya seperti apa yang dilakukan oleh salah satu pengusaha gitar asal surabaya. Bersama gitar seri tertentu ia ciptakan, fungsi Ipod,Iphone, atau Ipad bisa bermain menggantikan fungsi efek pada gitar. Menurut Mr. D , gitaris yang juga frontman Shine On Blues, cara ini terbilang masih bari di Indonesia, bahkan dunia. Menurutnya, keberadaan gadget membuat permainanya lebih simple, maksimal, dan variatif tanpa repot-repot bawa berbagai macam efek kemana-mana.

Berbeda dengan efek gitar yang biasanya berupa pedal yang dimainkan oleh kaki, dalam metode ini Ipod atau Ipad diletakkan dibody gitar. Terdapat bagian yang kompatible untuk menaruh gadget ini dibagian body, sehingga penggunapun cukup simple dengan menyentuh bagian touchscreen. Berbagai jenis efek suara bisa dilakukan, seiring perkembangan aplikasi yang dilakukan.

Gadget ini bisa juga difungsikan sebagai metode record live dengan kejernihan suara dan audiens sempurna. Sangat cocok bagi player yang memiliki jam dan jarang ada kesempatan merekam setiap karyanya. Tak banyak gitar yang support dengan metode ini, diantaranya dua jenis gitar Ricks Hanes seri Mr D dan Balawan. Seri Mr D memiliki design traverl guitar. Ringan dan bentuknya dinamis, menjadi kelebihan seri ini. Sedang seri Balawan adalah guitar double neck. Selain di Indonesia, dua seri ini berhasil memikat gitaris dunia, dengan meningkatkanya pesanan export ke bebrapa negara, Amerika serikat yang paling banyak.

No comments: