Wednesday 14 May 2014

Cara Menjawab Pertanyaan Paling Penting Saat Wawancara Kerja



JAKARTA- Saat Wawancara kerja, Anda akan menerima sejumlah pertanyaan dari pihak HRD atau manajer perusahaan.

Dari semua tipe pertanyaan yang diberikan, salah satu pertanyaan yang paling penting adalah, “Kenapa kami harus menerima Anda bergabung dalam perusahaan kami?”

Mereka menanyakan hal ini untuk mengetahui Anda cukup percaya diri dalam melakukan pekerjaan yang ditawarkan, sekaligus meyakinkan diri mereka bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Lalu bagaimana menjawabnya? Tentu saja dengan menunjukkan betapa cocoknya Anda dengan pekerjaan tersebut dan tunjukkan pengalaman kerja Anda yang dinilai sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini di antaranya.

Ketahui detail pekerjaannya

Sebelum Anda ‘menjual’ keahlian Anda, ketahui lebih dulu detail pekerjaan yang Anda lamar. Lakukan riset kecil-kecilan sebelum wawancara kerja. Jika informasi yang Anda punya tidak cukup, tak ada salahnya Anda bertanya pada pewawancara.

Kolaborasikan dengan pengalaman Anda

Setelah mengetahui detail pekerjaan, cocokkanlah dengan pengalaman dan keahlian yang Anda miliki. Bahkan jika Anda belum pernah terjun ke bidang tersebut, tentunya ada beberapa pengalaman kerja Anda yang bisa dipakai untuk bekerja dalam bidang yang Anda lamar itu.

Tunjukkan pencapaian

Selanjutnya, tunjukkan pencapaian apa saja yang pernah Anda lakukan di perusahaan sebelumnya. Pastikan pula contoh pencapaian yang Anda utarakan, dapat diimplementasikan dalam pekerjaan yang Anda lamar. Dengan begitu, pewawancara bisa melihat bahwa Anda cocok untuk pekerjaan tersebut.

No comments: